Senin, 19 Juli 2010

Kompetensi Pendidikan Agama Islam SMK kls X smt 1

Unit 1 : MANUSIA DAN TUGASNYA SEBAGAI KHALIFAH DI BUMI

A. STANDAR KOMPETENSI :
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi

B. KOMPETENSI DASAR :
1. Membaca Al Baqarah 30, Al Mukminun 12-14, Adz Dzariyat 56, dan Al Hajj 5
2. Menyebutkan arti Al Baqarah 30, Al Mukminun 12-14, Adz Dzariyat 56, dan Al Hajj 5
3. Menampilkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam Al Baqarah 30, Al Mukminun 12-14, Adz Dzariyat 56, dan Al Hajj 5

C. INDIKATOR :
1. Mampu membaca Al Baqarah 30, Al Mukminun 12-14, Adz Dzariyat 56, dan Al Hajj 5 dengan baik dan benar
2. Mampu mengidentifikasi tajwid Al Baqarah 30, Al Mukminun 12-14, Adz Dzariyat 56, dan Al Hajj 5
3. Mampu mengartikan perkata Al Baqarah 30, Al Mukminun 12-14, Adz Dzariyat 56, dan Al Hajj 5
4. Mampu mengartikan perayat Al Baqarah 30, Al Mukminun 12-14, Adz Dzariyat 56, dan Al Hajj 5
5. Mampu mengidentifikasikan perilaku khalifah dalam Al Baqarah 30, Al Mukminun 12-14, Adz Dzariyat 56, dan Al Hajj 5
6. Mampu mempraktekkan perilaku khalifah sesuai dengan Al Baqarah 30, Al Mukminun 12-14, Adz Dzariyat 56, dan Al Hajj 5
7. Mampu menunjukkan perilaku khalifah dalam kehidupan sehari-hari.

Unit 2 : KEIKHLASAN DALAM BERIBADAH

A. STANDAR KOMPETENSI :
Memahami ayat-ayat Al Quran tentang keikhlasan dalam beribadah

B. KOMPETENSI DASAR :
1. Membaca QS Al An’am 162-163, dan Al Bayyinah 5
2. Menyebutkan arti QS Al An’am 162-163, dan Al Bayyinah 5
3. Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam QS Al An’am 162-163, dan Al Bayyinah 5

C. INDIKATOR :
1. Mampu membaca QS Al An’am 162-163, dan Al Bayyinah 5 dengan baik dan benar
2. Mampu mengidentifikasi tajwid QS Al An’am 162-163, dan Al Bayyinah 5
3. Mampu mengartikan perkata QS Al An’am 162-163, dan Al Bayyinah 5
4. Mampu mengartikan perayat QS Al An’am 162-163, dan Al Bayyinah 5
5. Mampu mengidentifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan QS Al An’am 162-163, dan Al Bayyinah 5
6. Mampu menunjukkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan QS Al An’am 162-163, dan Al Bayyinah 5

Unit 3 : IMAN KEPADA SIFAT-SIFAT ALLAH DALAM ASMAUL HUSNA

A.STANDAR KOMPETENSI :
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna

B. KOMPETENSI DASAR :
1. Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
2. Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
3. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

C. Indikator
1. Mampu menyebutkan arti sifat Allah
2. Mampu menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
3. Mampu menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
4. Mampu menjabarkan 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna ke dalam sifat manusia
5. Mampu mempraktekkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari
6. Mampu menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna

Unit 4 : PERILAKU TERPUJI

A. STANDAR KOMPEENSI :
Membiasakan perilaku terpuji

B. KOMPETENSI DASAR :
1. Menyebutkan pengertian perilaku husnudzan
2. Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnudzan terhadap Allah, diri sendiri, dan sesama manusia
3. Membiasakan perilaku husnudzan dalam kehidupan sehari-hari

C. Indikator :
1. Mampu menyebutkan pengertian husnudzan terhadap Allah
2. Mampu menyebutkan pengertian husnudzan terhadap diri sendiri
3. Mampu menyebutkan pengertian husnudzan terhadapsesama manusia
4. Mampu menyebutkan contoh husnudzan terhadap Allah
5. Mampu menyebutkan contoh husnudzan terhadap diri sendiri
6. Mampu menyebutkan contoh husnudzan terhadap sesama manusia
7. Mampu menunjukkan sikap husnudzan terhadap Allah
8. Mampu menunjukkan sikap husnudzan terhadap diri sendiri
9. Mampu menunjukkan sikap husnudzan terhadap sesama manusia


UNIT 5 : SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM

A. STANDAR KOMPETENSI :
Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi dan hikmah ibadah

A. KOMPETENSI DASAR :
1. Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al Quran, Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
2. Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
3. Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari

C. INDIKATOR
1. Mampu menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al Quran, Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam
2. Mampu menjelaskan kedudukan Al Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
3. Mampu menjelaskan fungsi Al Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
4. Mampu menjelaskan fungsi Hadits terhadap Al Quran
5. Mampu menjelaskan macam-macam Hadits
6. Mampu menjelaskan pengertian hukum taklifi dalam hukum Islam
7. Mampu menjelaskan kedudukan hukum taklifi dalam hukum Islam
8. Menjelaskan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam
9. Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku sesuai hukum taklifi
10.Mampu mempraktikkan contoh-contoh perilaku yang sesuai hukum taklifi
11.Mampu menerapkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi

UNIT 6 : KETELADANAN ROSULULLAH SAW DALAM MEMBINA UMAT PERIODE MAKKAH

A. STANDAR KOMPETENSI :
Memahami keteladanan Rosulullah SAW dalam membina umat periode Makkah

B. KOMPETENSI DASAR :
1. Menceritakan sejarah dakwah Rosulullah SAW periode Makkah
2. Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rosulullah SAW periode Makkah

C. Indikator :
1. Mampu menjelaskan sejarah dakwah Rosulullah SAW pada periode Makkah
2. Mampu menunjukkan profil dakwah Rosulullah SAW pada periode Makkah
3. Mampu menjelaskan pengaruh dakwah Rosulullah SAW terhadap umat
4. Mampu menjelaskan substansi dakwah Rosulullah SAW periode Makkah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar